Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link
Cara Membuat Notifikasi WhatsApp Suara Google Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Cara Membuat Notifikasi WhatsApp Suara Google Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Cara Membuat Notifikasi WhatsApp Suara Google Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Notifikasi di aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, bisa diganti dengan suara-suara yang unik seperti suara Google. Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara membuat notifikasi WA suara Google tanpa aplikasi.

Sebagaimana cukup umum diketahui, saat terdapat pesan atau panggilan baru masuk ke WhatsApp, pengguna bakal menerima notifikasi berupa nada dering sebagai pengingat.
Nada dering atau notifikasi WhatsApp itu bisa diganti sesuai dengan keinginan pengguna.

Baca juga: 4 Cara Membuat Link WhatsApp dengan Mudah buat Chat Langsung Tanpa Simpan Nomor

Untuk mengganti notifikasi atau nada dering itu, pengguna bisa mengakses koleksi bawaan yang tersedia di aplikasi WhatsApp. Namun, nada dering dari koleksi bawaan di WA itu mungkin cukup membosankan.

Jika bosan dengan notifikasi dari koleksi bawaan itu, pengguna sejatinya bisa mengganti notifikasi WhatsApp dengan suara yang unik seperti suara Google. Untuk diketahui, Google punya layanan asisten suara Google Assistant dengan suara khas, yang kaku seperti robot.

Pengguna bisa membuat audio yang mirip suara Google itu untuk dijadikan notifikasi WA dengan mudah, tanpa perlu memakai aplikasi tambahan. Lantas, membuat notifikasi WA suara Google tanpa aplikasi?

Jika tertarik untuk menggantinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat notifikasi WA suara Google tanpa aplikasi
Cara membuat notifikasi WA suara Google tanpa aplikasi

Cara membuat nada dering WhatsApp suara Google tanpa aplikasi itu pada dasarnya cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua tahap yang harus dilakukan pengguna untuk bisa membuat notifikasi WA suara Google.

Tahap pertama adalah membuat nada dering WA suara Google. Pada tahap ini, pengguna bisa memanfaatkan website dengan layanan pengubah teks menjadi audio (text-to-audio). Salah satunya seperti website Sound of Text.

Di website itu, pengguna bisa memasukkan teks tertentu untuk diubah menjadi audio dengan suara seperti suara Google. Setelah mendapatkan audio dengan suara Google, proses berikutnya adalah mengganti notifikasi WA suara Google di ponsel.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membuat nada dering WhatsApp suara Google tanpa aplikasi adalah sebagai berikut.
Membuat notifikasi WA suara Google via Sound of Text

Kunjungi situs web ini https://soundoftext.com lewat browser ponsel.
Selanjutnya, masukkan teks sesuai keinginan yang tersedia.
Pilih suara dengan bahasa Indonesia dan klik opsi “Submit”.
Tunggu beberapa saat hingga situs web berhasil mengonversi teks jadi audio yang akan bersuara seperti suara Google.
Bila telah berhasil dikonversi, file audio tersebut dapat diunduh dengan klik opsi “Download”.

Memasang notifikasi WA suara Google

Audio dengan suara Google itu bakal masuk di folder unduhan ponsel, biasanya dapat diakses pada aplikasi File Manager.
Untuk memasang audio yang bersumber dari unduhan menjadi nada dering WA, biasanya tiap ponsel bakal memiliki cara yang berbeda-beda.
Misalnya, bila di ponsel Xiaomi, mengganti notifikasi WhatsApp dengan audio yang bersumber dari unduhan, caranya bisa dengan mengakses menu pengaturan.
Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Notifikasi & Pusat Kontrol” dan klik opsi “Notifikasi aplikasi”.
Ilustrasi cara membuat nada dering WhatsApp suara Google tanpa aplikasi
Lihat Foto
Ilustrasi cara membuat nada dering WhatsApp suara Google tanpa aplikasi (KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah)
Kemudian, pilih aplikasi WhatsApp dan klik opsi “Notifikasi”.
Setelah itu, pilih opsi “Suara” dan klik “nada dering lokal”.
Terakhir, buka opsi “File Manager” dan pilih audio suara Google yang tadi telah diunduh dari Sound of Text, lalu klik opsi “Terapkan”.
Setelah diterapkan, notifikasi WhatsApp sekarang telah berhasil diganti dengan suara Google.

Cukup mudah bukan cara membuat notifikasi WA suara Google? Dengan cara di atas, pengguna dapat mengganti nada dering WhatsApp dengan suara yang lebih menarik menggunakan suara Google.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membuat notifikasi WA suara Google. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dilakukan pada ponsel Xiaomi dengan versi Android 10 dan MIUI 12.5. Beda platform yang dipakai, bisa beda pula caranya.

Howdy, I’m exthemes. I’m a web developer living in indonesia. I am a fan of web development, seo, and php.