Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link
5 Smartphone dengan Radiasi Paling Tinggi

5 Smartphone dengan Radiasi Paling Tinggi

5 Smartphone dengan Radiasi Paling Tinggi

Sebagaimana kebanyakan barang elektronik, ponsel pintar alias smartphone juga memiliki risiko radiasi.

Radiasi adalah energi yang terpancar dari materi (atom) dalam bentuk partikel atau gelombang misalnya gelombang elektromagnetik. Tingkat radiasi yang dimiliki masing-masing smartphone pun berbeda.

Platform analitik pasar Stocklytics merangkum daftar smartphone apa saja yang memiliki tingkat radiasi tinggi pada tahun 2024.

Setidaknya, ada lima smartphone yang punya tingkat radiasi tinggi. Dari lima smartphone tersebut, HP Xiaomi mendominasi daftar. Berikut daftarnya:
5 HP dengan tingkat radiasi tinggi

Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A1 LTE Dual SIM
Xiaomi Mi Max 3
Xiaomi Mi Mix 3 5G
Samsung Galaxy A23 5G

Daftar itu didasarkan pada nilai Tingkat Penyerapan Spesifik (Specific Absorption Rate/SAR) setiap perangkat.

SAR adalah metode pengukur ilmiah yang menghitung kecepatan tubuh orang menyerap energi dari sumber radiasi seperti smartphone. SAR dihitung dengan satuan watt per kilogram (W/kg).

Menurut data Stocklytics, Xiaomi Mi A1 baik versi 4G maupun 5G memiliki tingkat radiasi 1,75 W/kg yang bisa diserap oleh telinga. Angka ini lebih tinggi dibanding model lainnya yang ada dalam daftar.

Xiaomi Mi Max 3 dan Mi Mix 3 5G juga terhitung memiliki nilai SAR tinggi yang bisa diserap telinga. Angkanya masing-masing sebesar 1,58 W/kg dan 1,56 W/kg.

Sementara Samsung Galaxy A23 5G berada di posisi bontot dengan angka SAR telinga 1,49 W/kg.

Stocklytics juga memaparkan nilai SAR masing-masing ponsel yang bisa diserap oleh tubuh pengguna.

Berbanding terbalik dari daftar sebelumnya, Mi A1 baik versi 4G maupun 5G justru memiliki tingkat radiasi paling rendah yang bisa diserap oleh tubuh, dibanding smartphone lainnya dengan nilai SAR 0,76 W/kg.

Ponsel dengan radiasi tinggi ke tubuh adalah Xiaomi Mi Mix 3 5G, yang memiliki nilai SAR 1,56 W/kg. Disusul Mi Mix 3 dan Samsung Galaxy A23 5G dengan nilai SAR tubuh masing-masing 1,42 W/kg dan 1,25 W/kg.

Nilai SAR telinga maupun tubuh masing-masing ponsel bisa dilihat pada tabel berikut.
Smartphone Nilai SAR (telinga) Nilai SAR (tubuh)
Xiaomi Mi A1 1,75 W/kg 0,76 W/kg
Xiaomi Mi A1 LTE Dual SIM 1,75 W/kg 0,76 W/kg
Xiaomi Mi Max 3 1,58 W/kg 1,56 W/kg
Xiaomi Mi Mix 3 5G 1,56 W/kg 1,42 W/kg
Samsung Galaxy A23 5G 1,49 W/kg 1,25 W/kg

Perlu dicatat bahwa daftar itu tidak mewakili nilai radiasi semua model smartphone, baik Xiaomi maupun Samsung. Sebab, Stocklytics juga menyebutkan bahwa sejumlah ponsel kedua merek itu juga ada yang memiliki tingkat radiasi rendah.

Contohnya Samsung Galaxy Note 10, Galaxy A55, Galaxy A35, Xiaomi Redmi 5A serta Redmi Note 7 Pro yang memiliki nilai SAR rendah. Namun rincian SAR-nya tidak disebutkan.

Adapun ponsel dari merek lain seperti Apple dan Google dinilai punya tingkat radiasi yang cukup rendah. iPhone 7, Pixel 3a hingga Pixel 4a misalnya, memiliki tingkat radiasi yang berkisar antara 1,36 W/kg – 1,39 W/kg.
Standar tingkat radiasi

Adapun aturan yang menetapkan nilai aman untuk SAR berbeda-beda. Misalnya, di Amerika Serikat, nilai aman SAR yang ditetapkan oleh Komisi Federal Komunikasi berada di angka 1,6 W/Kg.

Sementara menurut pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Apabila mengacu pada standar ICNIRP, maka tingkat radiasi kelima smartphone di atas, masih dalam batas wajar.

Di sisi lain, isu dampak radiasi smartphone terhadap masalah kesehatan manusia, masih diperdebatkan.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Wabah (Center for Disease Control and Prevention/CDC) juga mengakui bahwa ponsel dapat memancarkan radiasi dari gelombang medan elektromagnetik (Radiofrequency Electromagnetic Fields/RF-EMF).

Baca juga: Studi Terbaru Sebut Smartphone Tidak Sebabkan Tumor Otak

Namun, CDC juga belum bisa membuktikan bahwa radiasi gelombang RF-EMF mampu mempengaruhi kesehatan manusia.

“Saat ini kami tidak memiliki bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa penggunaan ponsel dapat mempengaruhi kesehatan manusia,” ujar Pusat Pencegahan dan Pengendalian Wabah (Center for Disease Control and Prevention/CDC) dalam halaman resminya.

Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk meminimalisasi paparan radiasi dari smartphone, dengan mengikuti trik berikut, dilansir dari Gizchina, Rabu (15/5/2024). Tips ini bisa dipakai oleh pengguna smartphone model apa pun. Berikut tipsnya.

Pakai speaker atau earphone berkabel untuk menelepon, sehingga tidak perlu menempelkan ponsel langsung ke telinga
Kurangi durasi telepon, sehingga paparan radiasi lebih minim
Pengguna juga bisa memanfaatkan pesan teks ketimbang telepon untuk mengurangi paparan radiasi
Pasang mode pesawat (airplane mode) ketika sinyal lemah. Sebab, smartphone cenderung memancarkan radiasi lebih tinggi agar terhubung ke menara BTS yang jauh

Howdy, I’m exthemes. I’m a web developer living in indonesia. I am a fan of web development, seo, and php.